Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Perjalanan Jalur Kereta api Sibinuang, Sumatera Barat

 

Kereta api Sibinuang, Sumatera Barat

 Sumatera Barat adalah provinsi yang kaya akan keindahan alam dan warisan budaya yang menarik. Selain destinasi wisata populer seperti Danau Maninjau dan Bukittinggi, terdapat juga wisata perjalanan kereta api yang menarik dan jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu jalur kereta api Sibinuang. Perjalanan melalui jalur kereta api ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan pemandangan alam yang spektakuler. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang wisata perjalanan melalui Jalur Kereta api Sibinuang di Sumatera Barat.


Jalur kereta api Sibinuang menghubungkan Stasiun Padang dengan Stasiun Sawahlunto, melewati perbukitan yang hijau dan hutan yang memukau. Perjalanan ini tidak hanya memberikan pengalaman unik dengan melintasi jalur kereta api yang terpencil, tetapi juga memperkenalkan kita pada sejarah tambang batu bara yang kaya di kawasan tersebut. Sawahlunto dulu merupakan salah satu kota tambang batu bara terbesar di Indonesia, dan peninggalan-peninggalan sejarah tambang batu bara masih terjaga dengan baik di sini.


jalur kereta sibinuang

Perjalanan dimulai dari Stasiun Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat. Setelah kereta melaju meninggalkan kota Padang, wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan yang indah dengan latar belakang Gunung Singgalang dan Gunung Marapi. Kereta akan melintasi jembatan-jembatan cantik dan terowongan-terowongan yang mengesankan, memberikan sensasi petualangan yang tak terlupakan.


Selanjutnya, kereta akan tiba di Stasiun Muaro Kalaban, yang menjadi pintu gerbang menuju kota tambang Sawahlunto. Di sini, wisatawan dapat melihat langsung peninggalan-peninggalan sejarah tambang batu bara, seperti bangunan bekas kantor dan gudang, serta mesin-mesin tua yang pernah digunakan untuk mengangkut batu bara. Kawasan ini juga memiliki museum tambang batu bara yang menarik, di mana kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah pertambangan di Sawahlunto.


Selama perjalanan kereta melintasi hutan-hutan yang lebat, wisatawan akan menikmati pemandangan alam yang spektakuler, termasuk sungai-sungai yang mengalir jernih dan hutan lindung yang hijau. Pohon-pohon yang tinggi dan rimbun menciptakan keteduhan yang menenangkan, dan udara segar di sekitar jalur kereta api ini membuat perjalanan semakin menyenangkan.


sawah lunto

Setelah beberapa jam perjalanan, kereta akan tiba di Stasiun Sawahlunto, sebuah kota kecil yang penuh pesona dengan nuansa kolonial yang masih terasa hingga kini. Wisatawan dapat menjelajahi kota ini dengan berjalan kaki, melihat bangunan-bangunan tua yang indah dengan arsitektur peninggalan Belanda. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Ombilin Coal Mining Heritage, situs warisan dunia yang menjadi saksi bisu perkembangan pertambangan batu bara di Sawahlunto. Di sini, kita dapat melihat lebih dekat mesin-mesin tambang tua, rumah-rumah karyawan, dan gedung-gedung administrasi yang menjadi bagian penting dari sejarah kota ini.


Selain itu, Sawahlunto juga memiliki suasana yang ramah dan hangat, dengan masyarakat yang ramah dan sambutan yang hangat terhadap wisatawan. Wisatawan dapat mencoba kuliner khas daerah ini, seperti nasi kapau, rendang, dan sate Padang yang terkenal lezat.


Perjalanan kembali ke Padang juga memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang tak kalah menakjubkan. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbenam di antara perbukitan, menciptakan panorama yang memukau.


Wisata perjalanan melalui Jalur Kereta api Sibinuang di Sumatera Barat adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan melintasi pemandangan alam yang indah dan melihat peninggalan sejarah tambang batu bara yang menarik, wisatawan akan mendapatkan gambaran yang lebih dalam tentang kekayaan alam dan sejarah daerah ini. Jadi, jadikanlah perjalanan melalui Jalur Kereta api Sibinuang sebagai salah satu destinasi wisata anda selanjutnya di Sumatera Barat.

Posting Komentar untuk "Wisata Perjalanan Jalur Kereta api Sibinuang, Sumatera Barat"